Monday, April 8, 2013

UKM dan Strategi STP

Saat ini masih ada anggapan bahwa strategi pemasaran modern hanya pantas dijalankan oleh usaha skala besar, sedangkan usaha kecil menengah (UKM) sebaiknya hanya menjalankan bisnis sekenanya saja. Dalam situasi persaingan yang semakin ketat, tentunya tingkat persaingan di usaha skala kecil menengah ini juga semakin kompetitif, untuk itu sudah saatnya agar strategi pemasaran ini dijalankan secara benar.

Sesungguhnya, sudah banyak pelaku bisnis UKM yang telah melaksanakan prinsip prinsip pemasaran modern dalam bisnisnya, meskipun mereka tidak menyadarinya. Misalnya saja Sop Kaki Kambing Sudi Mampir di bilangan Roxy atau Ayam Goreng Bulungan di kawasan Blok M, juga Roti Bakar Mas Edi di Blok S. Bisnis mereka itu dapat tetap bertahan selama puluhan tahun meskipun disekeliling mereka juga terdapat banyak pesaing yang menawarkan jajanan yang serupa. Apa yang dapat menyebabkan mereka dapat bertahan ? Yang pasti, mereka semua dapat memberikan rasa puas bagi konsumennya.

Dalam bisnis agar dapat tetap bertahan dan berkembang, tentunya mereka harus memiliki konsumen yang loyal yang secara rutin melakukan transaksi dengan mereka dan tetap terus berusaha untuk dapat mendapatkan konsumen/pelanggan baru.
Mengingat begitu beragamnya konsumen, pebisnis harus secara jeli mendefinisikan target yang tepat bagi usahanya. Dengan sumberdaya yang terbatas, sudah barang tentu, kita tak akan dapat memuaskan semua keinginan konsumen. Saat ini tak ada bisnis yang mampu memuaskan beragam konsumen dalam waktu yang bersamaan. Untuk itu prinsip pemasaran modern membantu pebisnis untuk dapat merancang bisnisnya secara tepat.

Dalam ilmu pemasaran dikenal adanya Segmentasi - Targeting - Positioning. Dengan melakukan hal ini, kita dapat dengan fokus untuk dapat memberikan yang terbaik bagi target konsumen kita.
Intinya menurut Philip Kottler, Segmentasi merupakan suatu strategi untuk memahami struktur pasar. Karena pada dasarnya pasar/konsumen terdiri dari kumpulan orang orang yang memiliki karakteristik yang sangat beragam. Proses pemilahan pasar/konsumen yang beragam kedalam kelompok kelompok tertentu merupakan proses segmentasi.
Sementara itu, Targeting merupakan proses untuk memilih kelompok pasar/konsumen mana yang akan kita layani. Sedangkan Positioning merupakan suatu strategi agar bagaimana konsumen dapat membedakan produk kita terhadap pesaing.

Dengan melakukan S-T-P ini, para usahawan UKM dapat secara fokus melayani segment tertentu dan dapat dengan lebih mudah memuaskan kebutuhan mereka, karena pada dasarnya setiap produk pasti akan memiliki konsumen masing masing. Tinggal seberapa besar pasar yang dapat kita raih.

1 comment:

  1. Artikelnya Baguss....
    Strategi STP yang meliputi Segmentasi Targeting, Positioning memberikan acuan bagi perusahaan untuk menentukan arah keberlangsungan sebuah produk.
    Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning
    Klik --> Makalah Strategi STP Pada DHL Express

    ReplyDelete