Tuesday, July 2, 2013

Tips Memenangkan Persaingan di Bisnis Resto

Sebagai kota metropoolitan, kehidupan di Wilayah Jakarta seolah tiada hentinya. Pagi hingga larut malam selalu ada aktivitas. Hal senada juga terjadi di kota kota satelit di sekeliling Jakarta, sepeti Bogor, Tangerang, Bekasi dan juga Depok.
Seolah mereka telah benar benar menyatu dengan Ibukota kita itu dan mereka juga seolah mendapat berkah dari keberadaan mereka yang berbatasan dengan Jakarta. Konon mayoritas warga yang tinggal di kota kota satelit tersebut bekerja di Jakarta. Kemacetan akan nampak terjadi setiap pagi dan sore hari terutama di area area perbatasan.
Pertumbuhan pesat juga terasa di kota kota satelit ini. Pusat perbelanjaan dan Mall sekarang telah dibangun dimana mana. Carrefour, Giant dan Hypermarket kini semakin banyak muncul bahkan di area area perumahan di pinggiran kota Jakarta. Bukan hanya itu saja, kini kita dapat dengan mudah menemukan berbagai restoran fastfood di pinggiran kota Jakarta. Sesungguhnya bisnis makanan dan minuman memang memiliki prospek yang menjanjikan karena itulah banyak pengusaha yang berlomba lomba mendirikan cafe dan resto. Meskipun demikian banyak juga bertumbangan di tengah jalan. Namun hal ini tak menyurutkan mereka untuk muncul dengan bisnis yang baru.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas Trik persaingan Cafe dan Resto yang ditujukan agar dapat survive dan terus tumbuh.
Ada beberapa alasan utama, konsumen untuk mengunjungi suatu cafe atau resto, yaitu :
1. Suasana
2. Menu santapan yang ditawarkan
3. Promosi
4. Harga
5. Lokasi
Bagi tiap tiap konsumen tentunya prioritas dari kelima hal diatas sangat berbeda beda.Ada konsumen yang concern pada faktor suasana dan rasa, namun disisi lain ada juga yang sangat peduli pada harga. Karena itu, disini pentingnya pengelola cafe atau resto untuk membidik sasarannya secara tepat, mengingat beragamnya konsumen.

Faktor suasana ada kalanya memiliki peranan yang cukup penting, terutama bagi cafe atau resto untuk kalangan kelas atas. Biasanya bagi resto papan atas, suasana merupakan dagangan utama. Suasana ini dapat dapat dibangun antara lain melalui melalui keunikan tema, interior, hiburan/musik, hingga pelayanan prima.

Fakta lain membuktikan adakalanya "rasa" memegang peranan yang cukup dominan, coba tengok betapa antrinya pengunjung di tempat makan tenda di pinggir jalan seputaran wilayah Roxy atau Pecenongan. Suasana sangtalah tidak nyaman, karena tempat makan itu hanya berupa tenda dengan bangku kayu. Adakalanya bila di akhir pekan, kita harus berdesakan duduk demi ingin menikmati hidangan disana. Katakanlah tenda Sop Kaki Kambing Sudi Mampir, Kedia Biak dsb. Rasa makanan yang ditawarkan mereka mampu mengalahkan rasa tidak nyaman yang diterima konsumen saat bersantap disana.

Namun walaupun demikian, ada juga konsumen yang datang karena adanya promosi, baik berupa adanya menu baru yang diiklankan secara meluas ataupun adanya program undian berhadiah. Coba tengok betapa rajinnya Pizza Hut mengeluarkan menu baru yang diiklankan melalui layar kaca, yang ternyata menarik sebagian konsumen untuk mencobanya.Strategi ini nampaknya cukup berhasil mereka. Pizza Hut dapat dikatakan sebagai suatu gerai makanan yang sangat inovatif dalam menyediakan menu menu baru. Mulai dari nasi, pizza ikan, dsb. Ada pula konsumen yang tertarik datang ke suatu tempat karena adanya hadiah promosi. Biasanya promosi ini akan lebih menarik bagi konsumen anak anak atau remaja.

Sedangkan Harga, biasanya lebih menarik bagi konsumen kelas menengah bawah atau para remaja. Jadi tak semata mata resto atau cafe yang menawarkan harga murah akan laris manis dipadati pengunjung. Saat ini strategi harga juga dilakukan oleh KFC atau McD, mereka tak segan segan pasang iklan atau billboard yang mengkomunikasikan soal harga murah atau terjangkau. Baik KFC ataupun McD nampaknya ingin membidik anak anak remaja yang memiliki uang saku yang terbatas. Cuma Rp. 15 ribu tanpa ribet, demikian bunyi iklan yang mereka pasang. Bahkan saat ini kita masih bisa menemukan banyak menu Rp.5000 atau paket Goceng di KFC. Dan Bila kita lihat di beberapa area, kedua gerai ini buka hingga 24 Jam dan juga tetap penuh

Sementara itu, faktor lokasi juga memainkan peranan penting,mengingat betapa padatnya lalu lintas di jabodetabek. Biasanya resto/cafe yang berada di lokasi yang strategis akan lebih diuntungkan, karena faktor lokasi ini sebenarnya juga berkaitan erat dengan kenyamanan. Namun apabila faktor faktor diatas telah terpenuhi adakalanya konsumen akan rela untuk mengunjungi tempat itu meskipun lokasi tak strategis. Kecenderungan ini semakin terlihat dengan menjamurnya Seven Eleven serta Lawson, franchise asal Jepang yang menawarkan mini store plus resto. Posisi mereka yang rata rata dipinggir jalan raya seolah menjadi tempat alternatif untuk titik temu berbagai orang. Dari pengamatan kami banyak transaksi jual beli barang online menggunakan lokasi ini untuk titik temunya. Selain lokasi di pinggir jalan, geraio gerai ini juga menyediakan bangku bangku untuk nongkrong serta makanan dan minuman dengan harga yang juga terjangkau.

Cafe atau Resto yang sukses adalah mereka yang mampu untuk mendelivery promise of experience kepada customernya. Nah promise inilah yang mesti didefinisikan secara rinci, sehingga akan mudah untuk dioperasionalkan oleh seluruh tim dalam memberikan pelayanannya kepada customer atau tamu yang datang. Tentunya kesuksesan ini juga didukung oleh kemampuan untuk mendefinisikan target market yang tepat. Kombinasi kedua hal ini memberikan peluang besar untuk dapat sukses.

Misalnya saja, resto siap saji semacam KFC dan McD pada awalnya hanya hanya memberikan promise sebagai tempat makan yang menyajikan makanan secara cepat. Namun coba kita lihat kini mereka memberikan promise lain yaitu berupa kenyamanan, mulai dari arena bermain buat anak anak, musik, area parkir yang luas, hingga area wifi. Bahkan kini harganya juga semakin bersaing dengan tempat makan lokal.Sehingga promise (janji) yang dijanjikan mereka kepada konsumen seolah oleh telah terlunasi, bahkan mereka memberikan lebih !
Merekapun secara tepat mampu mendefinisikan target market yang tepat, yaitu keluarga muda dan remaja. faktor promise dan target yang tepat mampu bersinergi untuk memberikan hasil jangka panjang.

Nah trik sudah tersedia, selamat menjalankan !

No comments:

Post a Comment